Tips Menjadi Barista Handal

Istilah barista akhir-akhir ini sedang banyak diperbincangkan terlebih lagi dikalangan pecinta kopi yang sering duduk di kedai kopi.

Meningkatnya peminat kopi maka meningkat pula kreasi kopi dan peminat untuk menjadi seorang barista.

Kata barista sendiri datang dari bahasa Itali yang berarti pelayan bar dan merupakan posisi yang terhormat.

Profesi barista sangat penting bagi sebuah kedai kopi, ar kopi, maupun coffee shop karena kopi barista merupakan kunci keberhasilan sebuah kedai kopi.

Hal ini dikarenakan barusta merupakan pekerjaan yang berhubungan dengan penuh keterampilan dimana seorang barista melakukan pegukuran seberapa tinggi suhu dan besar tekanan dalam pembuatan espresso.

Karena kesulitan dalam pembuatan espresso secara manual inilah yang membuat banyak anak muda mulai menggeluti profesi barista.

 

Cara Menjadi Barista Yang Hebat

Kopi barista punya cita rasa yang khas sesuai dengan tangan si barista tersebut. Tak jarang reputasi ini bikin orang lain ingin mengikuti jejaknya.

Kalau kamu juga bermimpi untuk menjadi barista, kalian bisa mengikuti panduan berikut ini agar bisa menjadi referensi mu.

 

1.Mengenal Seluk Beluk Kopi

Pengetahuan tentang kopi harus dimiliki oleh setiap barista karena kopi merupakan titik inti dari dunia kebaristaan yang akan kamu masuki.

Pengetahuan yang perlu kamu pelajari dimulai dari jenis kopi, proses kopi, hingga aneka menu kopi yang merupakan sajian akhir dari perjalanan panjang kopi.

Jika kamu hanya meminum frappe dan kopi-kopi bercampur gula dank rim maka sekarang saatnya kamu mencoba menikmati cappuccino tanpa gula untuk lebih masuk ke kopi itu sendiri.

 

2.Berlatih Sendiri

Kopi yang berkualitas tidak akan datang sendiri dari tangan seorang barista, diperlukan komitmen dan kesabaran yang tinggi karena ntuk menumbuhkan feel meracik kopi tidak akan didapatkan dalam hitungan hari.

Latihan yang banyak bisa menjadi kunci yang harsu kamu pegang. Kamu bisa belajar sendiri dari buku, internet, atau berdiskusi dengan sesame pecinta kopi, dimana kamu jangan malu untuk bertnya serta banyak mencoba walaupun pada awalnya menemui kegagalan.

 

3.Mengikuti Kelas Barista

Jika ilmu yang kamu miliki sudah ada dan pola pikirmu tentang kopi sudah mulai terbentuk, maka kamu bisa mengikuti kelas barista yang terbagi menjadi dua, yaitu basic dan latte art.

Pada kelas basic kamu akan diajarkan teori dasar tentang kopi, mulai dari berbagai jenis kopi hingga ke metode penyeduhan kopi. Sesi akhir kelas ini akan menghasilkan kopi espresso dalam percobaan pertamanya.

Sedangkan pada kelas latte art kamu akan belajar seni kopi lebih dalam. Kamu bisa mengikuti kelas kopi yang diadakan oleh kedai kopi ternama seperti Esperto, ABCD Coffee, dan Casswell dimana kamu akan belajar semua hal tentang kebaristaan.

 

4.Bekerja di Kedai Kopi

Dengan praktik langsung kamu akan menjadi lebih dekat untuk menjadi seorang barista yang professional dimana kamu bisa mengikuti program magang sebuah kedai kopi.

Selama magang kamu akan belajar banyak hal bukan hanya tentang kopi naming juga pada rekan kerja, tanggung jawab, jenjang karir, maupun suasana kantor.

Selain itu, kamu juga akan belajar menghadapi pelanggan dan tentunya menciptakan aneka menu yang nikmat untuk para pecinta kopi dimana ilmu ini akan sangat berguna.

 

Itulah beberapa tips untuk kalian yang tertarik mempelajari dunia barista. Tentu saja hal ini juga harus diimbangi denan tekad yang kuat. Semoga artikel ini bermanfaat.