Salted Caramel Coffee

Salted Caramel Coffee, Rasa Kopi Yang Asin Namun Nikmat!



Salted Caramel Coffee

Apakah kalian pernah mencoba salted caramel latte? Sejak beberapa tahun belakangan ini, dunia sepertinya tergila-gila pada salted caramel. Hampir semua makanan manis ada versi salted caramel-nya. Cupcakes, es krim, brownies, puding, popcorn, kopi, permen cokelat. You name it. Dan, salted caramel dinobatkan sebagai rasa paling hot pada tahun 2008 oleh hampir semua food channel. Apa yang menyebabkan rasa karamel ini begitu digemari?

Sama seperti sensasi menikmati dessert yang memadukan elemen panas dan dingin dalam satu piring, begitu juga sensasi salted caramel di lidah. Asin dan manis yang bertentangan ternyata serasi dipadankan, asalkan komposisinya pas. Sebetulnya, perpaduan asin-manis ini bukan hal baru. Sejak dulu para chef menambahkan garam pada makanan manis dan menambahkan gula pada hidangan gurih. Terciptalah rasa yang sulit diungkap dengan kata-kata. Dan ternyata komposisi ini bisa dimanfaatkan sebagai cita rasa baru pada kopi, meskipun tidak memiliki ampas kopi yang bermanfaat tapi kalian wajib coba!

Kepopuleran Salted Caramel Coffee

Salted caramel coffee sendiri baru populer di Indonesia berkat beberapa coffeeshop yang menyediakan menu tersebut. Cita rasa salted caramel sendiri terasa asin gurih namun manis sehingga ketika dipadukan dengan kopi rasanya begitu unik dan berbeda dengan kopi susu. Jika kopi susu terasa begitu creamy, salted caramel coffee terasa ringan dan menyegarkan apalagi jika disajikan dingin. Kalian yang penasaran sekarang pun bisa dengan mudah mencari salted caramel coffee, baik berbentuk sachet ataupun seduhan dari beberapa coffeeshop terdekat.

Salted Caramel Coffee

Tapi, siapa, sih, yang bikin rasa ini jadi naik daun? Ternyata… Barack Obama. Melansir New York Time, presiden AS ke-44 ini amat menggemari permen cokelat yang dibalut oleh cokelat pekat dan ditaburi garam laut yang diasap. Jadilah permen itu selalu tersedia selama masa kampanye pemilihan presiden. Sejak itulah salted caramel seperti jadi ‘makanan pokok’ warga AS yang memiliki hobby bermain sportsbook pada daftar sbobet.

Seorang Perancis bernama Henri Le Roux mengikuti sekolah membuat permen di Swiss. Pulang kembali ke Perancis, ia membuka toko di Brittany, sebuah daerah yang terkenal akan salted butter. Karena ingin menggunakan bahan lokal, ia pun punya ide membuat salted butter caramel. Rasa ini kemudian dipopulerkan oleh chef Perancis, Pierre Hermé pada 1990an ketika ia menciptakan salted caramel macaron.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Post