Pernah Minum Kopi Organik? Benarkah Kopi Organik Lebih Sehat? Yuk Simak Dulu

Kopi organic merupakan kopi yang ditanam menggunakan pupuk organic murni seperti kompos, tanah, daun, dan biji tanaman kopi yang diuji untuk setiap residu kimia.

Departemen Pertanian Amerika Serikat (USDA) memiliki seperangkat standar yang ditetakan yang harus dipenuhi untuk kopi agar memiliki label organic. Label itu menunjukan bahwa proses produksi kopi dan lingkungan tempat pertani bekerja sama-sama dihargai.

Lalu, apa bedanya kopi non organic dan kopi organic? Kopi organic merupakan salah satu tanaman yang diproses secara kimia di dunia.

Metode organic menanam kopi mengurangi erosi dan polusi tanag, yang lebih baik bagi lingkungan. Karena ditanam tanpa menggunakan pestisida dan herbisida yang sangat bagus untuk kesehatan tubuh.

Kopi organic jarang dibeli orang karena harganya yang cukup mahal di banding non organic. Untuk membedakan kopi organic dan kopi nonorganic tidak bisa di indentifikasi seruput kopi melalui rasa dan aroma, hanya bisa dibuktikan dengan sertifikat.

 

Benarkah Kopi Organik Lebih Sehat?

Istilah kopi organic di Indonesia sangat jaang terdengar, namun bukan berarti dalam obrolan tak pernah di bahas.

Sampai sekarang, banyak produsen yang tetap memproduksi kopi organic karena banyaknya penikmat kopi organic.

Para penikmat kopi organic percaya bahwa kopi organic lebih sehat dibandingkan kopi umum. Namun, bukan berarti kopi selain kopi organic tidak sehat.

Kopi organic merupakan sebutan untuk biji kopi yang selama masa tanam, perawatan, hingga panen dikelola secara almi tidak menggunakan kimiawi.

Secara pengertian, tanaman kopi organic dirawat tanpa menggunakan pestisida. Lalu, benarkah kopi organic lebih sehat? Apa alasannya? Yuk simak di bawah.

 

1.Dibudidaya Tanpa Pestisida

Seperti yang kita semua ketahui, pestisida merupakan obat pengusir hama yang terbuat dari zat kimia, namun bukan berarti tanaman kopi organic tidak menggunakan pestisida.

Berdasarkan U.S. Department of Agriculture menetapkan komoditas dengan standar organic haruslah memenuhi syarat budidaya yang alami, tanpa menggunakan zat sintetis yang kebanyakan terdapat pestisida, herbisida, dan pupuk.

Namun bukan berarti tak diperbolehkan menggunakan pestisida, herbisida, dan pupuk, hanya saja yang digunakan haruslah alami.

 

2.Kopi Kualitas Terbaik?

Kualitas kopi ditentukan oleh banyak faktor. Seperti ketinggian lahan tumbuh, tanah, panen, teknik pengolahan, dan termasuk proses roasting., kesegaran kopi, kualitas air, dan masih banyak lagi.

Jadi, kualitas kopi tak hanya dari proses masa tana, karena harus dilihat dari karakter rasa yang dihasilkan ketika diseduh.

Bisa dibilang, pernyataan bahwa kopi organic merupakan kopi kualitas terbaik adalah kurang benar.

 

3.Menggunakan Pestisida Sintetis

Sebenarnya banyak petani tradisional kopi arabika yang memiliki kebun di ketinggian bukit yang sangat jarang ditemukan menggunakan obat pengusir hama apapun.

Hal ini sebabnya diuntungkan dengan kondisi lahan yang cukup tinggi, yang membuat hama jarang berkembang biak pada suhu di lahan yang tinggi.

Tak hanya itu, petani kopi yang berdedikasi untuk kualitas panen mereka sudah menggunakan pengelolaan hama yang ramah lingkungan dan tak bergantung pada penggunaan pestisida atau pun pupuk sintetis.

 

4.Diroasting Terpisah

Kopi yang berlabel organic harus diroasting di tempat yang berbeda dari roasting umum, karena hal ini tidak menguntung keduanya.

Jika mesin roasting yang digunakan untuk meroasting kopi organic kemudian digunakan untuk meroasting kopi umum, maka karakter rasa akan menjadi membingungkan ketika diseduh.

Karena, ada baiknya diroasting di tempat yang berbeda. Membedakan tempat roasting ini merupakan langkah agar antara keduanya tidak mengkontaminasi satu sama lain sehingga rasa kopi tetap sama.

 

Itulah beberapa penjelasan mengenai kopi organic. Apapun jenis kopinya, kita semua tetaplah merupakan pecinta kopi. Yang membedakan hanyalah cara menikmati kopi tersebut.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *