JENIS KOPI DARI INDONESIA YANG TELAH MENDUNIA

Seperti yang sudah dikatakan di artikel sebelum-sebelumnya, bahwa target dari penikmat kopi bukan lagi hanya untuk bapak-bapak/pria dewasa, tapi semua kalangan bisa menikmatinya dengan berbagai hidangan. Kopi yang dihasilkan disetiap negara pun pastinya berbeda dan memiliki ciri khas tersendiri.

Indonesia yang memiliki kekayaan sangat besa, tentunya saja menjadi produsen kopi yang gak kalah dari negara-negara lain. Bahkan ada beberapa yang sengaja di ekspor ke luar loh. Ngomong-ngomong kopi dari daerah mana aja ya?

1.Kopi Aceh Gayo, Aceh

Kopi Aceh

Hmm kayanya kopi gayo ini udah gak asing deh di telinga kalian. Bener banget, ada beberapa coffee shop yang menyediakan menu ini, pernah liat kan pasti? Kopi ini berasal dari Aceh tepatnya di dataran tinggi Gayo. Tanah di daerah Gayo memang memiliki struktur tanah yang baik, sehingga akan menghasilkan cita rasa yang special. Kopi Gayo ini akan menghasilkan rasa yang cenderung pahit dengan sentuhan sedikit asam. Aceh pun memang sudah terkenal akan penghasil kopi yang besar di Indonesia.

2.Kopi Kintamani, Bali

Kopi Kintamani

Kintamani merupakan salah satu daerah yang berada di Bali, teptanya di Kabupaten Bangli. Bila kamu pernah merasakan kopi ini, pasti akan merasakan bagaimana uniknya rasa kopi ini. Saat masuk ke mulut, kopi ini seketika berasa seperti asam citrus tapi tetap tak menghilangkan rasa kopinya sendiri. Memang gak semua orang bisa menikmati kopi ini, tapi jika kamu penasaran bagaimana rasanya silahkan dicoba!

3.Kopi Puntang, Jawa Barat

Kopi Puntang

Gunung puntang menjadi tempat penghasil kopi terbaik yang berada di Jawa Barat. Kopi yang dihasilkannya memiliki sentuhan rasa manis dan sedikit asam, sehingga ketika sampai di mulut pun akan menghasilkan rasa seperti buah namun itu adalah kopi. Kopi yang dihasilkan tentu saja dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti alam hingga struktur tanah yang subur.

4.Kopi Toraja, Sulawesi Selatan

Kopi Toraja

Sulawesi memang terkenal akan penghasil kopi arabika, salah satunya di perekebunan teh Toraja. Kopi-kopi dari Toraja ini memang memiliki tingkat keasaman yang lumayan tinggi namun tetap memiliki kenikmatan tersendiri. Pada prosesnya sendiri masih terlampau tradisional dimana dilakukan dengan cara giling basah.

5.Kopi Wamena, Papua

Kopi Wamena

Selain memiliki kekayaan yang sangat banyak, Papua juga menjadi daerah penghasil kopi terbaik ya mungkin belum sepopuler seperti kopi gayo atau puntang. Namun kalian harus coba kopi yang satu ini, karena kualitas yang hasilkan sangat baik dan kebun kopinya pun sulit untuk dijangkau. Karena itulah kopi ini membuatnya menjadi lebih special. Kopi yang dihasilkan pun akan ada rasa hint of sweetnya namun gak terlalu mengganggu dan gak menghilangkan rasa kopinya.

6.Kopi Flores Bajawa, Nusa Tenggara Timur

Kopi Flores Bajawa

Dibalik keindahan pulau Komodo ini, ternyata ada satu kekayaan yang patut dibanggakan yaitu kopi flores bajawa. Bajawa sendiri merupakan Ibu kota dari NTT yang memiliki kesuburan tanah yang baik. Biji kopi yang dihasilkan pun bisa menyaingi kopi dari belahan penjuru dunia, karena kopi bajawa ditanam di dataran tinggi yang memiliki faktor alam yang baik. Kopi yang dihasilkan pun berupa Arabika dengan tingkat keasamaan yang gak terlalu tinggi. Yang uniknya lagi, saat kamu menghirup wangi kopi kamu berasa lagi menghirup aroma kacang.

 

So buat kamu yang ngaku pecinta kopi, udah pernah coba kopi-kopi diatas belum? Kopi mana nih yang memiliki keunikan saat dinikmati? Jangan remehkan produk dari Indonesia ya, karena kita pun menjadi salah satu negara dengan penghasil kopi terbaik kok.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *