Jenis Kopi Dengan Base Espresso Yang Harus Kamu Tahu

Kopi merupakan salah satu minuman yang banyak disukai oleh masyarakat. Cara menikmati minuman yang diseduh ini pun bermacam-macam.

Kalian bisa menikmatinya di kedai atau membuatnya sendiri di rumah. Asalkan, kalian mengenal apa saja komposisi dan bagaimana cara membuatnya.

Meskipun memiliki bahan dasar yang sama, namun perbedaan cara penyajian tentu akan membuat rasanya juga berbeda.

Kebanyakan dari sajian kopi memiliki base espresso. Nah, untuk kalian yang mau tahu racikan kopi apa saja yang menggunakan campuran espresso, yuk simak di bawah ini.

 

Jenis Kopi Dengan Base Espresso

Espresso sendiri merupakan kopi yang diekstrak menggunakan mesin penyeduh bertekanan tinggi. Hasil seduhannya hitam kental dan terdapat crema di permukaannya.

Crema merupakan busa cokelat yang memenuhi permukaan secangkir espresso sekaligus menjadi penanda bahwa kopi yang diseduh itu masih segar.

Namanya berasal dari Bahasa Italia yang berarti express atau cepat. Karena itu, orang-orang Italia biasa menikmatinya dalam waktu singkat.

Espresso dibuat tanpa tambahan apapun dan disajikan hanya sekitar 30 – 45 ml. jenis minuman kopi ini merupakan pondasi untuk membuat minuman espresso based lainnya.

 

1.Ristretto

Secangkir espresso biasanya disebut dengan one shot atau single shot. Selain one shot, minuman ini juga hadir dalam beberapa varian ukuran, seperti ristretto.

Ristretto merupakan minuman yang isinya hanya setengah dari espresso. Takaran kopinya sama, namun dengan dosis air yang lebih sedikit. Takaran sajiannya dalam satu cangkir kira-kira hanya 15 – 20 ml.

 

2.Lungo

Kebalikan dari ristretto, lungo menambahkan dosis air pada satu takaran espressonya. Hal ini membuat proses ekstraksinya juga lebih lama. Secangkir lungo disajikan sekitar 130 – 170 ml.

 

3.Doppio

Doppio merupakan dua kali takaran espresso. Doppio biasanya disajikan 60 ml dalam sat cangkir. Orang-orang yang ingin memesan doppio terkadang juga menyebutnya dengan double shot.

 

4.Americano

Espresso dengan tambahan air putih panas. Itulah Americano. Konon, nama Americano diambil dari sebuah lelucon atau ejekan.

Awalnya orang-orang meminta espresso nya dibuat lebih encer, dan digunakanlah nama Americano untuk menyebut minuman kopinya.

 

5.Long Black

Long black merupakan sajian yang hampir sama dengan Americano. Komposisinya sama, yaitu espresso dengan air panas.

Bedanya, hanya dari cara penyeduhannya saja. Long black menambahkan espresso di atas air panas, dimana Americano menambahkan air panas di atas espresso.

Ciri yang paling terasa pada long black adalah crema nya. Pada Americano, crema nyaris tidak ada karena terpecah oleh siraman air panas.

 

6.Latte

Komposisi latte adalah espresso yang kemudian dicampur dengan susu yang di steam atau dipanaskan dengan uap.

Susu yang dipanaskan dengan uap akan semakin kental dan membentuk buih, foam, atau froth. Susu yang kental itu sering dijadikan kreasi minuman kopi oleh para barista dan disebut dengan latte art.

 

7.Cappuccino

Cappuccino mirip dengan latte. Bedanya, komposisi susunya lebih sedikit dan buih susunya lebih tebal. Perbandingan komposisi cappuccino adalah sepertiga espresso, sepertiga susu steamed, dan sepertiga buih susu.

 

8.Macchiato

Macchiato terdiri dari espresso dan susu. Macchiato dalam Bahasa Italia adalah tanda atau bercak. Bercak yang dimaksud adalah buih susu yang menimpa espresso atau sebaliknya, espresso yang menimpa susu.

Setidaknya ada 2 tipe macchiato, yaitu latte macchiato (jika susu lebih banyak dari espresso), dan caffe macchiato (jika susu lebih sedikit dan disajikan di cangkir kecil).

Latte macchiato biasanya disajikan dingin sedangkan caffe macchiato biasanya disajikan panas dalam cangkir kecil.

 

Itulah 8 jenis kopi dengan base espresso yang seringkali kita temui. Kamu suka yang mana?