Jenis – Jenis Varian Kopi yang Perlu Kalian Ketahui

Siapa di antara kalian yang menyukai aroma hingga rasa nikmat dari kopi? Kopi memang merupakan sebuah minuman ternikmat yang dapat kita nikmati serta dengan aromaa yang segar. Kopi nikmat itu ditanam dengan cara yang sulit dan tidak mudah, dimana kopi tersebut harus ditanam serta dirawat hingga bertahun-tahun. Jika kalian penggemar setianya kopi, tidak lucu jika kalian tidak mengenal macam-macam jenis kopi di bawah ini. Yuk, langsung saja simak jenis kopi di bawah ini.

Macam – Macam Kopi Yang Tidak Boleh Kalian Lewatkan

  1. Arabika

Kopi yang pertama ini merupakan sebuah kopi yang berasal dari sebuah negara Brazil yang pertama ditemukan dan dibudidayakan oleh manusia hingga saat ini. Kopi yang satu ini memiliki sebuah ciri-ciri morfologi tanaman, seperti jenis perakaran kopi ini lenih dalam, daunnya tipis, percabangan tanaman yang lentur, hingga ukuran biji kecil berarna hijau tua sampai merah gelap.

Di mana tanaman kopi yang satu ini membutuhkan waktu hingga 9 bulan untuk dapat berbunga hingga berbuah. Kopi ini dapat tumbuh di ketinggian 700 sampai 1700 m diatas permukaan lau dengan berada di suhu 16 – 20 derajat celcius. Kopi jenis ini memiliki aroma yang nikmat serta sedap dan kuat.  Harga kopi jenis ini juga dibanderol dengan harga yang cukup tinggi. Di indonesia, kita dapat menemukan jenis kopi Arabika dai Aceh hingga Papua.

  1. Robusta

Berikutnya adalah sebuah kopi yang awalnya ditemukan di negara Kongo. Jenis kopi yang satu ini bertumbuh di ketinggian 400 – 700 meter diatas permukaan lau dengan suhu yang berada di 21 – 24 derajat celcius. Hanya saja, jenis kopi ini lebih tahan terhadap serangan penyakit karat daun. Jenis kopi ini menggunakan waktu 10 – 11 bulan untuk proses pembuahan dari bunga hingga menjadi buah. Harga kopi ini di banderol dengan harga yang lebih murah dan cocok sekali untuk para pecinta kopi pahit.

  1. Liberika

Kopi yang berasal dari Liberika, Afrika Barat ini dapat tumbuh sekitar 9 meter dari dalam tanah. Jenis kopi yang satu ini memiliki ukuran daun, cabang, buah, bunga, serta pohon yang lebih besar dibandingkan dengan jenis arabika maupun robusta. Kopi liberikaa ini mmpu berbuah sepanjang tahun dan dapat bertumbuh baik maupun di dataran rendah sekalipun. Hanya saja, kopi jenis yang satu ini mudah terhadap penyakit HV Hemileia Vastratix atau yang sering disebut penyakit karat daun.

  1. Ekselsa

Kopi yang berasal dari Afrika Baratini pertama kali ditemukan di dekat danau Chad. Tidak hanya itu, kopi ini juga mudah dalam hal pembudidayaan serta tidak mudah terserang penyakit. Kopi ini juga dapat ditanam pada area lahan gambut. Untuk kalian yang ingin membudidaya kopi jenis ini, kalin dapat membudidayanya di daerah dataran rendah yang basah. Di negara Indonesia sendiri, kalian akan banyak menemukan kopi jenis ini di daerah kabupaten Tanjung Jabung Barat Provinsi Jambi.Karena pada daerah tersebut, topografi lahan di daerah sana sangat mendukung untuk ditanami. Hanya saja, untuk harga dan kualitas dari kopi ini masih beradda di bawah kualitas jenis kopi Arabika dan Robusta. Tetapi, kopi jenis satu ini tidak mudah diserang penyakit, sehingga banyak juga petani yang membudidayakan jenis kopi ini.

Inilah 4 jenis kopi yang wajib para pecinta kopi ketahui, dengan informasi ini kalian juga akan mengetahui beberapa keunggulan serta kelemahan dari kopi jenis ini. Sekian artikel ini kami informasikan, selamat membantu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *