Jenis-Jenis Biji Kopi Terbaik Yang Ada Di Indonesia

Jenis-Jenis Biji Kopi Terbaik Yang Ada Di Indonesia



Jenis-Jenis Biji Kopi Terbaik Yang Ada Di Indonesia

Produksi kopi di Indonesia tersebar di beraneka daerah dan juga di Indonesia terdapat daerah penghasil biji kopi terbaik. Kopi yang dihasilkan di daerah-daerah selanjutnya mempunyai cita rasa khas & keistimewaan masing-masing daerahnya. Beberapa jenis kopi hasil petani Indonesia pun udah dikenali di dunia. Ada dua jenis kopi yang ada di Indonesia, yaitu arabika dan robusta. Ciri-ciri dari biji kopi arabika mempunyai wujud yang sedikit memanjang dan agak pipih serta besar. Sedangkan, biji kopi robusta lebih bulat serta ukurannya lebih kecil dibandingkan arabika.

Jenis-Jenis Biji Kopi Terbaik Yang Ada Di Indonesia

Kopi robusta yang lebih kerap dikonsumsi masyarakat Indonesia kebanyakan. Awalnya, biji kopi robusta ditemukan di negara Kongo dalam ketinggian 400-700 mdpl dengan suhu 21-24 derajat celcius. Jenis kopi robusta lebih tahan pada serangan penyakit karat daun, tapi membutuhkan 10-11 bulan untuk proses pembuahannya menjadi buah. Ada dua jenis varietas populer hasil dari persilangan arabika dan robusta, yaitu Timor dan Catimor.

Kopi arabika pertama di dunia berasal dari Ethiopia, kemudian oleh bangsa Arab disebarkan ke penjuru dunia. Arabika adalah kopi paling populer sejagad raya. Harga kopi arabika pun lebih mahal gara-gara perawatan dan pembudidayaannya tidak mudah. Ciri khas hasil dari kopi arabika adalah warna seduhan yang tidak terlalu pekat sehingga tingkat keasamannya lebih tinggi daripada kafeinnya. Ada dua varieta kopi arabika yang populer di dunia, yaitu Typica dan Bourbon. Banyak orang di dunia bermain game slot di situs Slot Terpercaya Deposit Via Pulsa sambil menikmati secangkir Arabika.

Jenis Kopi Di Indonesia

Iklim tropis yang dimiliki negara Indonesia mengimbuhkan keuntungan tersendiri dalam hal memproduksi kopi. Hal ini gara-gara tanaman kopi sebenarnya terlalu cocok ditanam di daerah beriklim tropis, tepatnya di lokasi tropis sebelah utara dan selatan garis Khatulistiwa (23 derajat Utara dan 23 derajat Selatan). Selain rasanya yang enak, kopi termasuk tawarkan segudang manfaat.

Jenis Kopi Di Indonesia

Mulai dari menambah energi, mendukung berkonsentrasi saat main slot777 online, sampai manfaat kesehatan layaknya kurangi efek diabetes. Ketimbang kopi instan, belanja biji kopi atau bubuk kopi asli lebih direkomendasikan bagi penggemar kopi khususnya yang minum kopi setiap hari. Biji kopi memiliki rasa yang lebih otentik dan tidak memakai bahan kimia apa pun layaknya kopi instan

Kopi Aceh Gayo

Kopi Aceh Gayo yang berjenis arabika ini banyak tumbuh di dataran tinggi Kabupaten Bener Meriah, Aceh Tengah dan Gayo Lues. Salah satu kopi Aceh yang populer adalah kopi Ulee Kareng. Namanya disita dari suatu daerah di Banda Aceh yang populer dengan kopinya.

Kopi Papua Wamena

Jenis kopi Indonesia paling baik keliru satunya adalah Papua dari Wamena. Kopi ini memiliki rasa yang unik dengan aroma cokelat dan floral. Rasa asamnya tengah dan body medium. Kopi Papua ini adalah jenis kopi arabika yang ditanam di Lembah Baliem pegunungan Jayawijaya dengan ketinggian 2.000 meter di atas permukaan laut (mdpl).

Sebenarnya tak hanya jenis kopi itu saja yang terdapat di Indonesia terdapat puluhan biji kopi yang sudah mendunia yang berasal dari Indonesia. Namun biasanya orang-orang pecinta kopi dari seluruh dunia lebih memilih biji kopi seperti diatas karena aroma nya lebih kuat dan lebih berasa kopinya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Post