Jangan Salah Bedakan 8 Jenis Kopi Modern Ini

Siapa disini yang ngaku sebagai pecinta kopi? Kopi memang sangat enak untuk dinikmati kapan saja. sore hari, pagi hari, atau malam hari saat mengejar deadline.

Namun, pernah gak sih kalian bingung membedakan yang namanya latte, cappuccino, piccolo, dan beragam jenis olahan kopi lainnya saat berada di kedai kopi modern?

 

Cara Membedakan Jenis Kopi Modern

Kopi modern merupakan campuran dari beberapa bahan selain kopi. Seperti susu, foam, mocha, dan cokelat. Berikut ini merupakan jenis-jenis kopi modern yang umum di kedai kopi.

 

1.Espresso

Espresso merupakan kopi modern yang paling kuat kadar kopinya (very strong). Espresso merupakan ekstrak biji kopi murni tanpa campuran.

Rasanya sangat pahit dengan tingkat kekentalan yang bergantung pada biji kopi yang digunakan. Espresso biasanya dikonsumsi dalam cangkir kecil.

Biasanya cangkirnya berukuran 30 milimeter (one shot) dampai 118 milimeter. Espresso bertekstur pekat dan pahit dengan buih putih atau cream di atasnya yang terbentk dari tekanan minyak dalam biji kopi.

 

2.Macchiato

Macchiato merupakan espresso yang diberi campuran susu foam. Foam atau susu yang di steam sendiri kadarnya sedikit, sehingga rasanya tetap strong.

Foam di macchiato, susunya hanya dua sampai tiga sendok saja. jenis ini dibuat untuk orang yang suka espresso tapi mau dikasih sedikit susu.

Rasanya akan sedikit milky dan gurih yang berasal dari steamed milk nya. Biasanya, semua olahan kopi di coffee shop tidak menambahkan pemanis, tapi kalian bisa meminta barista untuk menyertakan gula.

 

3.Piccolo

Piccolo sendiri memiliki kadar susu yang lebih banyak dibanding espresso dan macchiato. Kopinya menggunakan ristretto.

Ristretto sendiri merupakan ekstraksi terbaik dari espresso. Hal ini menjadikan kopi lebih lembut dan tidak terlalu asam, namun prosesnya lebih lama.

Piccolo kadarĀ  susu dalam foam nya lebih banyak dan rasanya lebih ke small coffee dan tidak strong.

 

4.Cappucino

Cappuccino pada dasarnya merupakan kopi susu yang juga diberi foam. Yaitu campuran dari espresso yang diberi susu, lalu diberi lagi foam dari susu.

Campuran ini akan menjadi creamy milky coffee namun dengan kopi dan susu yang seimbang. Biasanya cappuccino disajikan dalam cangkir berkapasitas 88 milimeter hingga 177 milimeter.

 

5.Latte

Hampir sama dengan cappuccino, latte pada dasarnya merupakan kopi susu. Latte diberi foam dari susu yang sudah di steam.

Kadar susunya paling banyak sehingga barista menyebut komposisinya dengan very milky coffee. Kadar lemak diĀ  latte juga paling banyak dibandingkan macchiato, piccolo, espresso, dan cappuccino.

Latte biasanya menggunakan perbandingan espresso dan susu 2:1. Latte juga disajikan dalam cangkir dengan motif indah di atasnya atau banyak yang menyebutnya latte art.

 

6.Affogato

Affogato merupakan es krim vanilla yang dituang dengan espresso shot. Paduan pahitnya kopi hitam dengan es krim yang manis dan lembut, menciptakan sensasi rasa yang menyenangkan.

 

7.Mocaccino

Espresso, susu, dan cokelat merupakan paduan ideal dari secangkir moccacino. Dibanding kopi, susu dan coklatnya terasa lebih dominan.

Biasanya minuman ini menggunakan cokelat bubuk untuk campuran dan garnish, namun ada juga yang menggunakan sirup coklat di atasnya.

 

8.Flat White

Flat white terdiri dari 60 mililiter textured milk atau microfoam atau gelembung yang terbentuk saat susu dipanaskan. Kemudian dua shot espresso dituang di atasnya dan dicampur menjadi satu.

 

Itulah 8 jenis kopi modern yang biasanya ada di kedai kopi kekinian. Bagaimana, sudah mengerti cara membedakan jenis kopi ini?