Daftar Jenis Macam Kopi Nusantara, yang Wajib Kalian Ketahui!

Indonesia merupakan sebuah negara yang kaya akan suburnya tanah. Negara yang luas membentang dan mampu menghasilkan beragam jenis kopi di suburnya tanah bumi pertiwi Indonesia tercinta ini. Kopi ini juga ditanam dan di budidayakan petani kopiĀ  selama bertahun-tahun, untuk menciptakan sebuah kopi berkualitas yang nikmat dan lezat untuk di santap. Kali ini, kami akan membagikan beberapa jenis kopi yang paling menjadi juara di nusantara Indonesia ini. Yuk, langsung saja simak daftar jenis macm kkopi di bawah ini.

Daftar Jenis Kopi Nusantara yang Wajib Kalian Coba

1. Sumatera

Jenis kopi yang pertama ini merupakan salah satu jenis kopi juara, yang paling dikenal di pulau Sumatera, yaitu kopi Sidikalang, Lintong, dan Mandheling. Beberapa ahli kopi juga mengatakan kopi Sumatera ini memiliki beragam cita rasa yang unik, karena karakteristik dengan aroma rempah dan earthy. Tekstur halus dan berbau tajam yang khas, kopi ini menjadi salah satu kopi terlaris di dunia.

2. Sulawesi

Kopi asal Sulawesi yang dikenal sebagai kopi bernama Toraja. Kopi ini memiliki ciri khas yaitu rasa yang kuat serta kadar asam yang tinggi. Untuk rasa hampir mirip dengan kopi Sumatera, hanya saja aroma kopi ini menjadi ciri khas tersendiri untuk kopi jenis ini. Keunikan ini yang membuat kopi ini diminati oleh para pecinta kopi di seluruh dunia.

3. Aceh Gayo

Selanjunya adalah kopi aceh gayo yang merupakan salah satu jenis kopi arabika terbaik di seluruh dunia. Cita rasa yang di miliki kopi ini juga menjadi ciri khas tersendiri untuk jenis kopi ini, kopi dengan rasa yang lebih pahit dan tingkat keasaman rendah ini memiliki aroma yang sangat tajam, hingga kopi ini menjadi salah satu jenis kopi yang disukai. Cita rasa pahit yang di miliki kopi ini, hadir juga rasa gurih yang akan terasa saat setelah meneguk kopi ini.

4. Papua Wamena

Berikutnya adalah kopi asal timur Indonesia yang telah ditanam oleh petani kopi pada ketinggianĀ  1.200 meter. Kopi Papua Wamena ini memiliki cita rasa ringan serta aroma yang tajam. Hal istimewa dari kopi ini ditanam secara organik, tanpa campur tangan bahan kimia aapapun. Jika kalian menyukai kopi yang ringan, bertekstur lembut serta hampir tidak memiliki ampas. Maka kopi ini adalah salah satu pilihan kopi yang tepat untuk kalian.

5. Flores Bajawa

Sebuah kopi yang dihasilkan terutama dari kabupaten Ngada ini memiliki aroma fruity dan sedikit bau tembakau yang merupakan cita rasa yang diberikan after taste-nya. Kopi ini memiliki sebuah keunikan yang tidak akan didapatkan dari biji kopi yang berasal dari daerah lainnya. Kekayaan dari cita rasa kopi ini, harus kalian coba dan nikmati.

6. Bali Kintamani

Daftar kopi nusantara yang terakhir ini bernama kopi Bali Kintamani. Sebuah kopi yang memiliki cita rasa buah-buahan yang asam serta segar ini. Di mana hal tersebut terjadi di karenakan tanaman kopi di Bali Kintamani ini ditanam bersaman dengan tanaman lain, seperti sayuran dan buah jeruk. Dengan proses, penanaman tumpang sari ini, kopi Bali Kintamani ini memiliki sebuah aroma yang segar dengan cita rasa yang lebih lembut di banding kopi nusantara lainnya.

Itulah 6 daftar kopi nusantara yang waji kalian ketahui, dan harus kalian coba. Karena kopi ini akan menyajikan kekayaan cita rasa serta aroma yang luar biasa dari jenis kopi di atas ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *