Cara Langkah Menikmati Kopi di Rumah Ala Cafe

Di tengah pandemi corona virus yang sedang melanda seluruh dunia ini, meski sudah diadakan new normal di beberapa kawasan yang ada di Indonesia. Kita tetap dianjurkan untuk tetap menjaga jarak fisik serta membatasi interaksi sosial. Nah, untuk kalian para pecinta kopi, kalian bisa mengasah kreativitas dengan membuat kopi ala cafe sendiri di rumah. Kami akan memberikan beberapa tips yang mudah serta dapat membantu kalian menyajikan minuman kopi ternikmat di rumah. Yuk, langsung saja simak di bawah ini.

Tips Cara Menikmati Kopi Sendiri di Rumah

1. Menyiapkan Penggiling Kopi

Tips yang pertama ini, kalian diharuskan mempersiapkan alat penggiling kopi atau yang sering disebut sebagai “Grinder”. Untuk memeperoleh hasil yang terbaik, kalian bisa menggunakan “burr grinder”. Tipe penggilingan kopi yang satu ini, kalian dapat menghancurkan biji kopi ke dalam 2 buah pisau, di mana salah satu pisaunya diam, dan satunya lagi bergerak. Burr grinder memiliki konsistensi saat menggiling kopi, oleh sebab itu, harga penggiling kopi juga cenderung lebih mahal daripada penggiling standar.

2. Menyiapkan Sirup Sederhana

Untuk membuat aroma kopi seperti dengan kopi racikan ala barista di kedai kopi, kalian dapat membuatnya menjadi nyata di rumah. Di mana kalian dapat menyiapkan sirup sederhana untuk dapat ditambahkan ke dalam kopi. Setelah itu, untuk membuat sirup stroberi, kalian dapat memulainya dengan mengiris satu liter strober, dan kemudian masukkan ke dalam panci dengan satu gelas air dan satu gelas gula.

Lalu didihkan dan kecilkan api selama kurang lebih 20-30 menit, dan pastikan diaduk beberapa kali. Setelah cairan tersebut berwarna merah cerah dan stroberi matang, saring ke dalam wadah yang tahan panas dan dinginkan ke lemari es atau “kulkas”. Kalian dapat menggunakan sirup dalam kopi panas, tetapi akan sangat nikmat apabila dimasukkan ke dalam es kopi. Jadi masukkan es, kopi, dan setengah sendok teh sirup ke dalam shaker kalian. Lalu kocok sepausnya dan saring ke sebuah gelas.

3. Menyaipkan Es Batu

Selanjutnya adalah es batu yang dapat membuat minuman menjadi lebih segar. Salah satu kunci kopi terasa nikmat apabila diminum adalah sensasi dinginnya sebuah kopi, lalu pastikan stok es batu tercukupi untuk dapat meracik kopi terbaik kalian jika di rumah.

4. Membuat Milk Foam

Untuk kalian para pecinta latte dan cappucino, akan sulit untuk mereplikasi keduanya di rumah tanpa melakukan beberapa perubahan pada mesin espresso. Untuk membuat Latte, kalian dapat menggunakan susu yang lebih banyak. Dan untuk cappucino, kalian dapat menggunakan susu yang kadar foamnya sedikit lebih banyak. Untuk membuatnya, kalian dapat mendidihkan susu gandum, dinginkan, lalu kocok menggunakan shaker serta es batu hingga berbusa.

5. Bereksperimen dengan Menggunakan Kopi Lain

Biji kopi memiliki profil rasa yang berbeda-beda tiap macam jenisnya, tergantung dari di mana mereka tumbuh, di proses, dipanggang, serta diseduh. Kalian dapat mempertimbangkan mencoba kopi dengan profil rasa yang lain dengan mencampurkan atau mengekperimenkannya dengan kopi lain. Hal ini dapat memperluas minuman kopi kalian.

Itu saja 5 tips dari kami dalam menyajikan kopi ala cafe di rumah. Tips yang ada di atas ini juga termasuk sebagai tips membuat kopi ala cafe sendiri di rumah yang efisien serta sederhana untuk kita coba.

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *