Cara Baru Menikmati Santap Kopi yang Nikmat & Lezat

Cupcake merupakan salah satu jenis kue yang bisa kalian kreasikan sesuai keinginan. Rasa yang digunakan untuk adonan kue, sampai topping yang digunakan, kalian dapat menggunakan ganache, butter cream aneka rasa, serta topping lain sesuai dengan selera. Salah satu hal kreasi cupcake yang bisa kalian lakukan untuk menyntap kopi dengan cara baru adalah menggunakan infused coffee ke dalam adonan kue.

Dengan cara ini, kita dapat menciptakan kreasi baru, yaitu dessert cupcake infused coffee dengan menggunakan varian Barista Creations terbaru dari Nespresso. Kali ini kami akan membagikan resep serta cara pembuatan terbaru, yaitu menu Cupcake Infused Coffee. Resep yang akan di bagikan ini bisa digunakan untuk kalian membuat satu lusin cupcake.

Bahan yang diperlukan untuk membuat Cupcake Infused Coffee, yaitu:

  • 100 gram mentega
  • 1 cup icing gula
  • 1 ¼ cup tepung terigu saring
  • ½ cup cocoa powder saring
  • 2 telur saring
  • ½ cup susu
  • ½ sendok teh baking soda
  • ½ sendok teh baking powder
  • ½ sendok teh essence vanilla

Dan adapun cara pembuatannya, antara lain:

  1. Hal pertama yang harus dilakukan adalah ekstrak kapsul Nespresso varian Cocoa Truffle menjadi espresso dengan menggunakan mesin Nespresso. Sisihkan terlebih dahulu hingga suhunya tidak panas.
  2. Kemudian, campurkan mentega dengan icing sugar, lalu kocok dengan menggunakan hand mixer sampai adonan mengembang.
  3. Jika adonan sudah mengembang, masukkan telur satu per satu sambil terus dikocok.
  4. Sisihkan adonan telur dan mentega, lalu campurkan adonan basah dan adonan kering. Untuk adonan basah, campurkan susu dengan vanilla essence dan aduk hingga rata. Sedangkan, untuk adonan kering, campurkan tepung dengan baking soda dan baking powder. Lalu, kemudian aduk dengan hand whisk agar adonan mengembang.
  5. Jika adonan basah dan adonan kering sudah tercampur, campurkan dengan adonan mentega dan telur yang tadi telah di buat.
  6. Bagi dua adonan basah dan kering, lalu masukkan setengah adonan kering lebih dulu. Kocok hingga merata. Kemudian masukkan setengah adonan basah, dan kocok hingga merata. Lakukan kembali kedua langkah tersebut satu per satu sampai adonan tersebut basah dan kering tercampur merata.
  7. Jika sudah, masukkan cocoa powder dan kopi ekstrak yang suhunya tidak panas. Kocok lagi adonan hingga merata.
  8. Lakukan pengadukan adonan dengan menggunakan spatula agar sisa-sisa adonan yang ada di bagian pinggir mangkuk bisa tercampur seluruhnya. Hanya saja, jangan aduk adonan terlalu lama, karena nantinya dapat menjadi dense atau tidak terlalu fluffy. Lipat seperti angka delapan ini supaya adonan merata.
  9. Setelah itu, masukkan adonan yang telah di buat ke dalam loyang cetakan cupcake yang sudah dialasi kertas cupcake.
  10. Pastikan adonan terbagi rata, dengan menggunakan scoop es krim agar jumlah adonan sama rata.
  11. Jika sudah, masukkan dan panggang di dalam oven hingga matang. Cupcake pun sudah siap untuk kamu hias.
  12. Untuk hiasannya, kalian juga dapat menggunakan apapun sesuai dengan keinginan. Kalian dapaat menggunakan ganache cokelat yang sudah dibuat dan dicampur dengan ekstrak kopi atau kalian bisa menggunakan sprinkles, crumb, dan cocoa powder untuk membuat cupcake terlihat seperti cocoa truffle.

Itulah tips dan bahan yang bisa kalian lakukan untuk mengganti suasana menikmati kopi kalian. Kalian bisa menikmati kopi nikmat dengan sebuah cupcake Infused Coffee.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *